Skip to main content

Cara Daftar UMKM Online Lewat Hp Android

Cara Daftar UMKM Online - Banpres Produktif Usaha Mikro (BPUM) merupakan program pemerintah untuk memulihkan perekonomian nasional. Bantuan dana langsung kepada pengusaha mikro diharapkan dapat membantu bertahan dari pandemi Covid-19.

cara daftar umkm melalui hp
cara daftar umkm bri online

Seperti yang diketahui, Banpres UMKM sudah bergulir sejak tahun 2021. Dimana total target bantuan menyentuh angka 12,8 juta pelaku usaha.

Nah ternyata karena pandemi belum teratasi, maka program ini dilanjutkan lagi di tahun 2021 dengan jumlah penerima yang sama. Yaitu 12,8 juta pengusaha.

Pada Agustus 2022, pemerintah telah mengirimkan bantuan kepada sekitar 10 juta lebih pengusaha. Masih ada 2 juta orang yang akan menerima Rp 1,2 juta di rekening BRI selama Agustus hingga September 2022.

Karena masih ada kesempatan, bagi sobat yang belum pernah mendapatkan BPUM di tahun 2021 tidak ada salahnya mencoba mendaftar. Semoga nama Anda masuk dalam daftar penerima BPUM pada Agustus atau September 2022.

Cara Daftar UMKM Online Lewat HP Android

Cara pertama dan termudah untuk mendaftar BLT UMKM 2022 secara online adalah melalui smartphone Android. Atau bisa juga mendaftar melalui HP iphone.

Menengok ke tahun 2020, banyak pelaku usaha yang berhasil mendapatkan bantuan setelah melakukan pendaftaran secara online. Pendaftaran online dibuka untuk mencegah pandemi Covid-19.

Pada tahun 2022, sejumlah pemerintah kabupaten/kota juga akan membuka pendaftaran bantuan UMKM secara online karena pandemi belum berakhir.

Tidak ada link langsung dengan kementerian. Anda harus mendaftar melalui agen pengusul di daerah Anda. Berikut panduan jika ingin daftar penerima bantuan UMKM melalui handphone.

  1. Pertama siapkan ponsel yang memiliki kuota data internet.
  2. Buka aplikasi google dan ketikkan 'Link Pendaftaran UMKM'. Silahkan ketik nama kabupaten/kota sesuai domisili Anda.
  3. Akan ada berbagai urutan informasi link pendaftaran daerah. Silahkan cari apakah ada verifikasi link pendaftaran tersebut benar-benar resmi dari pemerintah atau tidak.
  4. Jika Anda belum menemukannya, silakan cari di media sosial. Silakan ketik di kotak pencarian bantuan UMKM kabupaten kota Anda.
  5. Jika link asli resmi sudah ditemukan, silahkan isi biodata Anda ke dalam formulir pendaftaran online dan lampirkan berbagai dokumen pribadi dan usaha Anda.
  6. Setelah Anda berhasil mendaftar, langkah selanjutnya adalah menunggu pemerintah mengumumkan apakah Anda memenuhi syarat untuk mendapatkan bantuan.

Jika Anda tidak menemukan link pendaftaran wilayah Anda, karena tidak semua kantor UMKM kabupaten kota membuka pendaftaran online.

Cek Daftar Penerima BLT UMKM Tahap 5

Informasi terbaru dari situs resmi Kementerian UMKM, saat ini satu-satunya lembaga yang dapat mengajukan daftar penerima ke pusat adalah koperasi dan pelayanan umkm di tingkat kabupaten kota.\

Lembaga perbankan, koperasi, atau BUMN lain tidak boleh lagi mengajukan nama ke pusat. Nah, calon penerima harus melengkapi berbagai persyaratan di bawah ini.

  1. Siapkan dokumen seperti foto e-KTP, fotokopi KK dan KTP, fotokopi NIB atau SKU dari kepala desa/kelurahan.
  2. Menyerahkan dokumen calon penerima perorangan atau yang berkumpul secara berkelompok untuk diserahkan kepada dinas koperasi dan UMKM kabupaten kota.
  3. Mengisi formulir dari pemerintah sesuai dengan data identitas dan usaha.

Jika Anda telah berhasil mengajukan pendaftaran online lewat HP, maka langkah selanjutnya adalah mengecek secara berkala apakah nama Anda sudah terdaftar sebagai penerima bantuan.

Pemerintah telah menyatakan akan mengirimkan SMS kepada pelaku usaha yang berhasil terdaftar sebagai penerima bantuan. Hanya saja terkadang seperti di tahun 2022 ini banyak yang tidak menerima SMS padahal sudah terdaftar sebagai penerima.

Dari penjelasan resmi Kementerian UMKM, jika sudah diverifikasi dan dinyatakan sebagai penerima, maka penerima akan mendapat notifikasi dari lembaga penyalur seperti BRI dan BNI atau melalui SMS dan telepon.

Hanya saja sebaiknya rutin cek melalui link resmi BRI. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

  1. Silahkan klik link https://eform.bri.co.id/bansos/penerima_bpum.
  2. Masukkan kode yang muncul pada gambar dan klik submit.
  3. Jika halaman kosong, silakan segarkan atau klik lagi.
  4. Masukkan nomor KTP di kolom yang tersedia.
  5. Masukkan kode verifikasi.
  6. Tekan proses dan selesai.

Setelah mendapatkan informasi bahwa Anda terdaftar sebagai penerima, selanjutnya Anda bisa mendatangi distributor BRI atau BNI dengan membawa foto KTP, foto NIB atau SKU, beserta Kartu Keluarga (KK).

Baca juga: Cara Daftar Kartu Prakerja Online

Di Bank, Anda harus menandatangani Surat Pernyataan Pertanggungjawaban Mutlak (SPTJM) sebagai penerima BPUM.

Setelah verifikasi dokumen dan data, BRI atau BNI akan mencairkan dana BPUM sebesar 1,2 juta langsung kepada Anda.

Jika Anda kesulitan menemukan link pendaftaran online bantuan UMKM, sangat disarankan agar Anda mendaftar langsung ke koperasi dan layanan UMKM.

Demikian informasi daftar UMKM online lewat HP android. Daftar segera karena BLT UMKM tahap 5 (lima) akan segera mulai tahun 2022.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
-->