Skip to main content

Cara Daftar Kartu Prakerja Online Lewat HP

Cara Daftar Kartu Prakerja - Pengisian formulir Prakerja merupakan salah satu langkah dalam pembuatan akun Kartu Prakerja yang dilakukan pada saat melakukan pendaftaran secara online melalui situs prakerja.go.id.

cara daftar prakerja online
cara daftar prakerja lewat hp

Kartu Pra Kerja ini dapat diperoleh dengan melakukan pendaftaran secara online. Sistem online dipilih agar tidak ada duplikat atau pendaftar dengan dua kartu.

Kartu ini merupakan bantuan berupa biaya pelatihan bagi masyarakat Indonesia yang ingin memiliki atau meningkatkan keterampilannya.

Kartu Prakerja tidak diperuntukkan bagi mereka yang sedang mencari pekerjaan, tetapi juga bagi para buruh, karyawan dan pegawai atau seluruh warga negara Indonesia yang berusia 18 tahun ke atas dan tidak sedang sekolah atau kuliah.

Cara Membuat Akun Kartu Pra-Kerja

Cara mendaftar Kartu Prakerja bisa melalui situs prakerja.go.id. Sebelum mendaftar Kartu Pra-Kerja, Anda harus membuat akun terlebih dahulu.

Mendaftar akun Kartu Pra-Kerja sangat mudah. Anda dapat menggunakan email aktif atau nomor ponsel Anda. Pendaftar harus mengisi data atau informasi di Situs dengan benar.

Selain itu, Anda harus menggunakan nama dan data pribadi Anda sesuai dengan KTP yang berlaku.

Berikut cara membuat akun Kartu Prakerja di prakerja.go.id:

  1. Masukkan email atau nomor ponsel Anda.
  2. Klik Daftar.
  3. Kemudian pilih metode verifikasi.
  4. Masukkan kode verifikasi yang dikirimkan melalui email atau SMS.
  5. Pendaftaran berhasil, Anda telah berhasil membuat akun Kartu Pra-Kerja.

Cara Mengisi Formulir Prakerja

Setelah membuat akun Prakerja, berikut cara daftar program Kartu Pra-Kerja. Berikut caranya di bawah ini:

  1. Login ke akun Anda, Klik Daftar Kartu Pra-Kerja.
  2. Isi formulir pendaftaran.
  3. Klik Selanjutnya.
  4. Ikuti Tes Kemampuan Dasar.
  5. Klik Selesai.
  6. Setelah menyelesaikan pendaftaran dan mengisi formulir tes, pengguna akan menerima pemberitahuan berikutnya di akun.

Anda dapat memeriksa status pendaftaran Kartu Pra-Kerja melalui akun Anda di situs Kartu Prakerja dan klik Cek Status Pendaftaran.

Ketentuan yang perlu diketahui calon peserta adalah anggaran Kartu Prakerja sebesar Rp10 triliun untuk 2 juta penerima program Kartu Prakerja selama tahun 2022.

Nantinya, peserta Kartu Pra Kerja akan mendapatkan sejumlah uang sebesar biaya transportasi menjadi Rp650 ribu yang sebelumnya hanya Rp500 ribu.

Rinciannya, Rp500 ribu diperoleh selama dua bulan pelatihan dan Rp150 ribu tambahan setelah mengikuti survei evaluasi program Kartu Prakerja. Di luar itu ada uang yang bisa digunakan untuk mengakses pelatihan.

Semua dana akan diberikan secara non-tunai. Tepatnya melalui platform Link Aja, OVO, dan Bank Negara Indonesia (BNI).

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
-->