Skip to main content

Cara Mengatasi Postingan Yang Hanya Tampil Satu di Homepage Blog

Mengatasi Postingan Yang Hanya Tampil Satu di Homepage - Pernahkah Anda mengalami hal ini, dimana jumlah postingan di homepage blog tiba-tiba hanya muncul satu atau dua artikel saja. Padahal Anda sudah mengatur jumlah postingan yang muncul di homepage adalah 6, 7, 8, dan seterusnya. Kami sendiri pernah mengalami hal yang sama.

cara mengatasi postingan yang hanya tampil satu di homepage blog
mengatasi postingan yang hanya tampil satu di homepage blogger

Masalah itu terjadi ketika kami selesai menerbitkan artikel yang baru saja dibuat. Tapi apa yang terjadi, ketika kami melihat homepage blog, hanya 2 atau 3 artikel yang muncul. Kemudian, kami menemukan penyebabnya. Mulai dengan memeriksa jumlah postingan di homepage dan mengecek jumlah postingan di template blog. Namun, hasilnya masih nihil.

Akhirnya kami mencari solusinya di Google. Ada banyak artikel yang membahas tentang cara mengatasi jumlah postingan blog yang hanya tampil satu di homepage. Untuk itu, kami mengambil kesimpulan dan membagikan informasi di blog ini. Berikut ulasannya.

Cara Mengatasi Postingan Yang Tampil Satu di Homepage

Sebagian besar penyebab masalah ini adalah karena artikel ditulis dalam Microsoft Word, kemudian langsung ditempelkan di editor postingan Blogger. Kenapa bisa begitu? Karena MS. Word bukan text editor tetapi program word processor. Jadi, ketika Anda menulis di MS. Word, lalu menyalinnya. Jadi yang disalin bukan hanya text saja, tetapi kode-kode di belakangnya juga tersalin.

Nah, ketika di paste di editor postingan Blogger, maka kode-kode dari MS. Word tersebut akan bertentangan dengan kode Blogger. Inilah yang menyebabkan terjadinya error.

Lalu, apa solusinya?

Hanya ada satu solusi, yaitu "Jangan Menulis Artikel di Microsoft Word". Cobalah menulis langsung di editor postingan Blogger atau jika Anda memiliki smartphone, Anda bisa download aplikasi Blogger di Google Play Store.

Jika Anda masih menulis artikel di MS. Word, tidak masalah. Namun, sebelum masuk ke editor postingan Blogger, paste terlebih dahulu di Notepad. Setelah itu, salin dan tempel teks yang Anda tempel ke Notepad ke editor postingan Blogger. Tujuannya adalah agar kode program MS. Word tidak ikut dalam editor postingan Blogger.

Namun, masalahnya jika semua artikel di blog tersebut hasil copy paste dari MS. Word, atau mungkin Anda tidak pernah merasa menulis artikel di MS. Word. Tentu saja, Anda tidak mungkin menulis ulang semua artikel di blog Anda. Apalagi jika jumlah total artikel di blog Anda lebih dari 40. Anda akan kewalahan melakukannya.

Baca juga: Tutorial Blogger untuk Pemula Lengkap

Nah, untuk itu kami akan memberi tahu caranya, agar masalah Anda teratasi tanpa harus menulis ulang semua artikel di blog Anda. Berikut penjelasannya.

1. Mengatur Jumlah Postingan Yang Akan Tampil Di Homepage Melalui Setelan Blogger

  • Login ke Blogger.com. Kemudian, buka "Dashboard" blog Anda.
  • Pilih menu "Setelan / Setting" > "Postingan, Komentar, dan Berbagi".
  • Di bagian "Postingan", cari angka di kolom sebelah "Tampilkan Sebanyak Mungkin". Nah, angka tersebut adalah jumlah artikel yang akan ditampilkan di Homepage.
  • Kemudian pilih "Simpan Setelan"

Semakin banyak postingan yang ditampilkan di Homepage, semakin buruk. Karena akan memperberat loading blog. Selain itu, Blogger hanya mengizinkan maksimal 1 MB untuk halaman index-nya. Artinya ukuran halaman homepage tidak boleh lebih dari 1 MB termasuk gambar, script, dan lainnya.

2. Gunakan Fitur "Jump Break" di Blogger

  • Login ke Blogger.com. Kemudian, buka "Dashboard" blog Anda.
  • Pilih menu "Postingan".
  • Pilih "Edit" pada postingan terakhir yang muncul di homepage blog Anda.
  • Di akhir paragraf pertama, tambahkan fitur "Jump Break".
  • Jika sudah, pilih "Perbarui".

Jika Anda sudah mengikuti step by step dengan benar, seharusnya blog Anda tidak lagi error dan jumlah artikel yang muncul di homepage sudah kembali normal. Jika masih error juga berarti ada alasan lain yang menyebabkan artikel hanya muncul satu atau dua di homepage blog.

Akhir Kata

Demikian artikel cara mengatasi postingan yang hanya muncul atau tampil satu di homepage blog, semoga artikel ini dapat membantu Anda untuk mengatasi masalah tersebut.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
-->